Brigadir Jenderal Ali Multopo Sang Arsitek Pemenangan PEPERA 1969 - Berjuang Tanpa Batas
Headlines News :

Bebas

Bebas
Home » » Brigadir Jenderal Ali Multopo Sang Arsitek Pemenangan PEPERA 1969

Brigadir Jenderal Ali Multopo Sang Arsitek Pemenangan PEPERA 1969

Written By Mesak Kedepa on Jumat, 12 Juni 2015 | Jumat, Juni 12, 2015

Ali Murtopo dan Dunia Intelijen Indonesia. (Download http://www.puspita.depkeu.go.id/IMAGECONTENT/BOOKCOVER/20111116095645_02.jpg)Ali Murtopo dan Dunia Intelijen Indonesia. (Download http://www.puspita.depkeu.go.id/IMAGECONTENT/BOOKCOVER/20111116095645_02.jpg)

Ditulis oleh: John Anari

Ali Moertopo dilahirkan di Blora, Jawa Tengah, 23 September 1924. Sebagai tangan kanan penguasa Orde Baru, Soeharto, beberapa jabatan mentereng di dunia militer, intelijen, dan pemerintahan pernah dipegangnya, yaitu; Deputi Kepala Operasi Khusus (1969-1974), Wakil Kepala Bidang Intelijen Negara (1974-1978), Penasihat Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar, dan Menteri Penerangan RI (1978-1983).

Beliau menjabat sebagai Komandan Operasi Khusus (OPSUS) dibawah Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD) untuk merebut Malaysia pada tahun 1965 namum gagal makanya dialihkan melakukan OPSUS ke Papua Barat agar memenangkan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) yang akan dilaksanakan pada tahun 1969. Berapa para Tokoh Papua diajak ke Jakarta pada Tahun 1964 untuk dipaksakan menanda-tangani Petisi Penolakan PEPERA dibatalkan dan mendesak Papua bagian Integral dari NKRI.

Persiapan untuk memenangkan PEPERA atau Referendum di Papua Barat dipersiapkan Ali Murtopo dari tahun 1964 - 1969. Dengan berdasarkan Perjanjian Roma tanggal 30 September 1962 bahwa PEPERA dilaksanakan berdasarkan Sistem Musyawarah dan tidak Berdasarkan Perjanjian New York yang ditanda-tangani 15 Agustus 1962 di Markas Besar PBB melalui Penetapan Resolusi 1752 maka dibentuklah Anggota Dewan Musyawarah PEPERA (DMP) yang terdiri dari 600an Orang Indonesia yang berasal dari Maluku dan 400an Orang Asli Papua. DMP dibentuk tanpa Konsultasi dengan seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Tanah Papua tetapi hanya dilakukan Musyawarah dengan Anggota DPRD di Jayapura saja lalu dibentuklah suatu Dewan PEPERA yang Anggotanya ditunjuk langsung oleh OPSUS.

Anggota DMP ini digembleng dan ditampung di Markas Militer di Ifar Gunung, Jayapura dan dibawah ke Jakarta untuk berfoya-foya dengan pesta-pora mabuk-mabukan dan Wanita Penghibur. Menurut pengakuan peserta PEPERA asal Papua Ali Murtopo berkata bahwa "JAKARTA SAMA SEKALI TIDAK TERTARIK DENGAN ORANG PAPUA TETAPI HANYA TERTARIK DENGAN KEKAYAAN ALAMNYA SAJA, JIKA KALIAN INGINKAN KEMERDEKAAN MAKA SEBAIKNYA KALIAN MINTA KE TUHAN KALIAN UNTUK MENARUH PULAU KOSONG DI PASIFIK AGAR KALIAN TINGGAL ATAU MENYURATI AMERIKA MEMBAWA KALIAN KE BULAN"



Beliau wafat pada usia 84 Tahun akibat Stroke yang dideritanya. Lelaki tua (Ali Murtopo) duduk bersandar di atas sebuah dipan besi. Dengan susah payah ia menyuapkan nasi dan lauk itu ke mulutnya. Beberapa butir nasi jatuh di atas seprai.

Download http://www.memobee.com/misteri-tjakrabirawa-2207-eij.htmlDownload http://www.memobee.com/misteri-tjakrabirawa-2207-eij.html


Lebih jauh tentang PEPERA bisa dibaca pada link:    http://oppb.webs.com/apps/blog/show/1589240-kajian-pelaksaan-pepera-1969
Share this article :

Tetap Teguh Dalam Perjuangan

Tetap Teguh Dalam Perjuangan

Google+ Badge

TEMUKAN KAMI DI FACEBOOK

Free West Papua

Free West Papua

Freedom Now

Freedom Now

HIDUP SEKALI,MATI SEKALI

HIDUP SEKALI,MATI SEKALI

SATU KOMANDO MENUJU KE MSG

SATU KOMANDO MENUJU KE MSG

KIRIM PESAN ANDA

Nama

Email *

Pesan *

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berjuang Tanpa Batas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mesak Kedepa
Proudly powered by Blogger