Untuk Tim Pencari Fakta ke Papua Bisa Didorong Lewat PBB dan MSG - Berjuang Tanpa Batas
Headlines News :

Bebas

Bebas
Home » » Untuk Tim Pencari Fakta ke Papua Bisa Didorong Lewat PBB dan MSG

Untuk Tim Pencari Fakta ke Papua Bisa Didorong Lewat PBB dan MSG

Written By Mesak Kedepa on Kamis, 12 November 2015 | Kamis, November 12, 2015

Pdt. Dr. Phil Erari (kiri) bersama Dr. Jemima Krey. Jubi/www.refdag.nl
Pdt. Dr. Phil Erari (kiri) bersama Dr. Jemima Krey. Jubi/www.refdag.nl



Semarang, Jubi – Wakil Ketua Majelis Dewan Pertimbangan Persatuan Gereja-gereja Indonesia, Pdt. Phil Karel Erari mengatakan pihaknya akan mendorong rekomendasi Pasific Island Forum untuk mengirim tim pencari fakta ke Papua agar bisa dilakukan melalui jalur PBB.
“Soal tim pencari fakta dari rekomendasi PIF yang akan dikirim ke Papua Barat, kita akan dorong supaya rekomendasi itu masuk untuk jadi mandat PBB. Karena kalau sudah jadi mandat PBB maka, Indonesia tidak akan macam-macam untuk mau larang dan segalanya,” kata Pdt. Erari kepada Jubi, Kamis (12/11/2015) dari Jakarta.
Kata Pdt. Erari, bila melalui mendat PBB maka Indonesia akan tunduk pada mandat PBB itu dan didorong juga melalui United Nations Fact Finding Mission. Karena sudah pasti kalau dari negara-negara PIF sendiri, itu akan ditolak oleh Indonesia.
“Jadi nantinya diharapkan agar UN Fact Finding Mission dan tim Fact Finding Mission dari PIF bisa bergabung bersama dan melakukan pencarian fakta di Papua  Barat. Juga soal ini bisa dilakukan melalui MSG. Karena di sana ada juga Indonesia sebagai Associated Member. Dan soal ini bisa didorong juga oleh ULMWP lewat MSG,” ungkap Pdt. Erari.
Sementara itu, seperti ditulis media ini sebelumnya, Sekretaris Jenderal United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Octovianus Mote mengatakan tim pencari fakta sudah dibentuk. Pemimpin negara-negara pun sudah bersikap. Dan  mereka akan kirim pencari fakta ke Papua sebelum bulan September 2016.
“Mereka akan ke Papua untuk cari fakta pelanggaran HAM. Bukan saja lihat kuburan melainkan gali kalau perlu dan di saat itu Indonesia tidak punya pilihan kecuali ijinkan tim ini turun. Di Papua, mereka (aparat) boleh bakar dan tutup jejak. Tapi mereka tidak bisa tutup ratusan ribu korban yang sudah masuk ke MSG, ke PIF, ke UN Human Rights Council,” ungkap Mote kepada Jubi, Selasa (10/11/2015).
Namun menurut Mote, kalaupun nantinya Indonesia tidak mengizinkan tim pencari fakta masuk ke Indonesia, itu adalah hak Indonesia.
“Tidak ada yang bisa memaksa tapi kalau tolak, maka Indonesia tidak akan bisa tipu dunia bilang tidak ada pelanggaran HAM karena faktanya mereka tidak izinkan tim pencari fakta. Pimpinan negara-negara Pasifik akan putuskan langkah berikut bila mereka ditolak,” katanya. (Arnold Belau)

Editor : Victor Mambor
 
Sumber :http://tabloidjubi.com/2015/11/13/untuk-tim-pencari-fakta-ke-papua-bisa-didorong-lewat-pbb-dan-msg/
Share this article :

0 PAPUA:

Tetap Teguh Dalam Perjuangan

Tetap Teguh Dalam Perjuangan

Google+ Badge

TEMUKAN KAMI DI FACEBOOK

Free West Papua

Free West Papua

Freedom Now

Freedom Now

HIDUP SEKALI,MATI SEKALI

HIDUP SEKALI,MATI SEKALI

SATU KOMANDO MENUJU KE MSG

SATU KOMANDO MENUJU KE MSG

KIRIM PESAN ANDA

Nama

Email *

Pesan *

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berjuang Tanpa Batas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mesak Kedepa
Proudly powered by Blogger